I.
SEJARAH
PERKEMBANGAN SISTEM TEKNOGI INFORMASI
a. Sejarah Teknologi Informasi
Perkembangan sistem informasi
dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai
akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi IT/Information Technology.
Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti,
sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi
yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang
sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada
informasi strategis seperti taktik bertempur.
Perkembangan peradaban manusia
diiringi dengan perkembangan cara penyampaian Informasi dalam berkomunikasi
(yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi dan komunikasi).
Sejak zaman prasejarah, cara manusia menyampaikan informasi berkomunikasi
terus berkembang sampai saat ini. Telah banyak ditemukan
teknologi-teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini sebagian sudah usang
dan sebagian masih trus dipakai,bahkan terus diteliti dan dikembangkan agar
lebih maju.
1. Masa Pra-Sejarah(… s/d 3000 SM)
Manusia menggambarkan informasi
yang mereka dapatkan di dinding-dinding gua perihal berburu dan binatang
buruannya. Karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya sebatas suara
dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan sebagai bentuk awal komunikasi
mereka pada periode sampai tahun 3000 SM.
2. Masa
Sejarah(3000 SM s/d 1400-an SM)
Tahun 3000 SM
Pictograf
|
Untuk pertama kalinya dalam
berkomunikasi dengan tulisan adalah bangsa Sumeria. Dengan
menggunakan symbol-simbol piktograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf
itu juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan),
sehingga tulisan-tulisan tersebut menjadi kata, kalimat, dan bahasa
yang mempunyai arti.
Tahun 2900 SM
Pada tahun 2900 SM bansa mesir
kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi.
Huruf-huruf hieroglif terdiri dari simbol-simbol objek, seperti perkakas,
binatang, atau kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan
simbol-simbol ide dan emosi, seperti gerakan, waktu, dan perasaan gembira.
Tahun 500 SM
Pada masa ini manusia
sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari serat
pohon. Serat papyrus yang berasal dari pohon papyrus yang tumbuh disekitar
sungai nil ini dijadikan media menulis/media informasi pada masa itu. Selanjutnya
serat papyrus merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaitu
kertas.
Tahun 105
M
Pada tahun/masa 105 M, bangsa
Cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat daru serat bambu yang
dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan.
3. Masa modern
Tahun 1455
Johan Gutenberg mengembangkan (untuk
yang pertamakalinya) mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat
dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
Tahun 1729
Stephen Gray
yang berhasil mengirimkan sinyal listrik melalui kabel.
Tahun 1830
Agusta Lady Byron menulis
program computer yang pertama di dunia bekerjasama dengan Charles Babbage
menggunakan mesin Analytical-nya yang didesain mampu menyimpan data, mengolah
data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal
sebagai bentuk computer digital yang pertama walaupun cara kerjanya
lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum
komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
Tahun 1837
Samuel Finley Breese Morse
(peneliti Amerika) menemukan telegraph yang pertama dan mengembangkan telegraph
dan kode morse bersama ilmuwan dari Inggris SirWilliam Cook dan Sir
Charles Wheatstone.
Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksi
kedalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film
sekarang.
b.
Perkembangan
Komputer
Komputer Generasi Pertama
(1946-1959)
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.
Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.
Perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Kemudian, pada pertengahan 1940-an, komputer tersebut mengalami perkembangan lebih lanjut yang dilakukan oleh John von Neuman.
Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU. Ya, central processing unit yang terdapat dalam komputer generasi I merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer. Sedangkan program utama yang terdapat di komputer generasi pertama adalah “machine language”.
Komputer Generasi Kedua
(1959-1964)
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini. Adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa intansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.
Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
Komputer Generasi
Keempat (1979-2000an)
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” atau PC muncul. Artinya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tak berhenti sampai disitu, muncullah perangkat komputer yang mudah dibawa ke mana-mana, yaitu Laptop.
Komputer
Generasi Kelima
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.
Komputer generasi kelima adalah yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut sebagai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Hanya waktu yang bisa menjawab.
c. Perangkat Komputer
Central
Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer
karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut
dengan microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan
pengontrolan kerja komputer.
Motherboard
Motherboard merupakan perangkat komputer yang
berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat lain, seperti processor, memori,
VGA Card, Sound Card, dan LAN Card.
Keyboard
Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang
berfungsi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol keyboard
mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang memberikan
tampilan visual kepada pengguna komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang
dilakukan oleh program-program atau komputer di layar monitor.
d. Pemanfaatan Sistem Informasi dan
Teknologi Informasi
1. Menyadarkan
siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus
berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari
Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi
kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan
menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan
kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan
seharihari.
4. Mengembangkan
kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga
proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa
terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan
terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri,
berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan
masalah seharihari.
II.
PERKEMBANGAN
PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
a.
Pemahaman
Komponen Perangkat Keras
Input Device
Adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat
berupa signal input atau maintenance input. Berfungsi untuk memasukkan data
juga untuk memasukkan program. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat
input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat
input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Proses
Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Yaitu,
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan
unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat
penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
Kontrol
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada
sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan
kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Tugas dari unit
kendali ini adalah :
·
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
·
Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
·
Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan)
untuk diproses.
·
Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Penyimpanan
CPU hanya
dapat menyimpan data dan instruksi di register yang berukuran kecil sehingga
tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses
program. Untuk mengatasi hal ini, maka CPU harus dilengkapi dengan alat
penyimpan yang berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.
Output
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan
menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image
(dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca
oleh mesin (machine-readable form).
b.
Pemahaman
Komponen Perangkat Lunak
Evolusi
Perangkat Lunak
Tahun-tahun pertama
- Batch orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan
setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu atau proses dilakukan
setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah Online atau Interactive
Process. Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to
date.
- Limmited distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas
pada perusahaan tertentu.
- Custom software
Software yang dikembangkan berdasarkan
keinginan perusahaan-perusahaan tertentu.
Era kedua
- Multi user
Suatu sistem di mana satu komputer
digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.
- Real time
Suatu sistem yang dapat mengumpulka ,
menganalisa dan mentransdormasikan data dari berbagi sumber, mengontrol proses
dan menghsailkan output dalam mili second.
- Database
Perkembangan yang pesat dari alat
penyimpanan data yang online menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (Data
Base Management System).
- Product Software
Adalah software yang dikembangkan untuk
dijual kepada masyarakat luas.
Era Ketiga
- Distributed system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan
pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga
memilki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari
distributed system adalah Centralized System.
- Embedded Intelegence
Suatu product yang diberi tambahan
"Intellegence" dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir.
Contohnya adalah automobil, robot dan lain-lain
- Low Cost Hardware
Harga hardware yang semakin rendah, ini
dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.
- Consumer Impact
Adanya perkembangan komputer yang murah
menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak
yang besar terhadap masyarakat.
Era Keempat
- Expert system
Suatu penerapan A.I. (Artificial
Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran,
komunikasi dan lain-lain,
- AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari
sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.
- Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan
proses kerja LAN pararel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.
Klasifikasi
Perangkat Lunak
ü Perangkat
lunak sistem
·
Bahasa pemrograman
adalah program yang di gunakan untuk menerjemahkan
instruksi - instruksi yang di tulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin
dengan aturan atau prosedur tertentu, agar dapat di terima oleh komputer. Ada 3
level bahasa pemrograman yaitu, low level language, high level language, dan
fourth generation language.
·
Sistem operasi
adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan
sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel
pengkodean, memory dll. Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara
manusia dan perangkat keras dengan perangkat lunak yang akan di gunakan.
·
Utility
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai
aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer serta
merupakan perangkat lunak sistem dan fungsi tertentu.
misalnya : - memformat disket
- mengcopy data
- mengkompres file
- memeriksa disket yang rusak ( bukan rusak fisik )
- mengatur ulang isi harddisk ( Partisi dan Defrag ) dll
misalnya : - memformat disket
- mengcopy data
- mengkompres file
- memeriksa disket yang rusak ( bukan rusak fisik )
- mengatur ulang isi harddisk ( Partisi dan Defrag ) dll
ü Perangkat
lunak aplikasi
·
Aplikasi office
Kehadiran paket aplikasi Microsoft Office sebagai
pengolah dokumen memang cukup lama ditunggu. Pasalnya, aplikasi ini lama tidak
tersedia untuk perangkat ponsel Android. Padahal, Microsoft telah merilis
Office untuk iPhone tahun 2014, sementara versi Android baru diluncurkan pada
awal 2015.
·
Aplikasi multimedia
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang
serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara,
gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company
profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based
Training.
·
Aplikasi internet
Aplikasi Internet yang tersedia saat ini sudah banyak
dan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang ada di dalam
internet.Aplikasi-aplikasi di Internet kemudian digunakan dalam segala bidang
seperti akademis,militer,medis,media massa,dan berbagai sektor industri
lainnya. Contoh Aplikasi Internet: www,electronik mail,mailing list
newsgroup,internet relay chat,file transfer protokol ,telnet,gopher,dan ping.
Sumber
:
https://www.zopini.com/blog/10-aplikasi-office-terbaik-untuk-mengedit-file-dokumen-lewat-smartphone/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar